Mengambil beberapa berita sebagai renungan tetap menjadi praktik yang umum bahkan di era digital, apakah itu meraih New York Times dengan Mendapatkan Informasi Tepercaya Starbucks Anda atau USA Today sambil menunggu naik pesawat.

Untuk perusahaan yang berkantong tebal, CNN mungkin menjadi berita bagus berikutnya untuk pembelian impulsif.

Rupert Murdoch telah mengajukan tawaran berani senilai $75 miliar untuk Time Warner. Sementara pembelian masih jauh dari kepastian, salah Berita Pekanbaru Terkini satu dari banyak kemungkinan efek samping dari kesepakatan tersebut adalah CNN akan dijual, untuk menghindari masalah antimonopoli karena konflik dengan Fox News. Penjualan CNN, jika itu terjadi, dapat menghasilkan sekitar $6 miliar hingga $8 miliar, kata orang yang tidak disebutkan namanya yang mengetahui masalah tersebut kepada Bloomberg. (1)

Banyak spekulasi mengenai perusahaan mana yang ingin mengambil CNN, jika jaringan kabel tersedia. Tebakan populer termasuk CBS, Disney dan Yahoo. Google, meskipun kemungkinannya kecil, juga disebut-sebut sebagai pesaing; Porter Bibb, Managing Partner di Mediatech Capital Partners, menunjukkan bahwa jaringan tersebut dapat menjadi pelengkap sempurna untuk YouTube milik Google. (2)

Spekulasi ini membuat saya berpikir: Bagaimana dengan Facebook?

Facebook mengumumkan awal tahun ini bahwa mereka akan mengakuisisi WhatsApp senilai $19 miliar. Harga itu sekitar tiga kali lipat dari perkiraan nilai CNN, untuk perusahaan yang memiliki pendapatan paling banyak $300 juta pada saat kesepakatan diumumkan. Saya tidak memiliki pendapat tentang kesepakatan WhatsApp, sebagian besar karena saya hampir tidak tahu apa yang dilakukan WhatsApp. (Pada usia saya, ketidaktahuan ini diizinkan, meskipun tidak dianjurkan. Terima kasih kepada Google, saya mengerti, samar-samar, bahwa WhatsApp memungkinkan pengguna mengirim pesan dan berbagi informasi, yang saya pikir sudah saya lakukan.) Namun, saya tahu bahwa CNN telah pemirsa nyata dan menghasilkan keuntungan nyata, meskipun tidak besar.

Saya menghabiskan sebagian besar setiap hari untuk mengumpulkan informasi. Saya menelusuri berbagai situs berita untuk mencari tahu tentang hal-hal yang penting bagi saya. Saya juga memeriksa Facebook untuk mencari tahu tentang orang-orang yang penting bagi saya. Karena orang-orang itu sering berbagi dan mengomentari item berita, dan karena saya terkadang bereaksi terhadap hal-hal yang mereka bagikan, Facebook pasti sudah memiliki beberapa gagasan tentang topik mana yang penting bagi saya. Jika Facebook ingin menyelamatkan saya dari kesulitan memindai enam situs berita sehari, saya akan dengan senang hati memberi tahu mereka lebih banyak.

Sudah lama diketahui bahwa Facebook ingin tahu sebanyak mungkin tentang apa yang dilakukan penggunanya di seluruh Internet. Dan tentu saja Facebook ingin memaksimalkan jumlah waktu yang dihabiskan penggunanya di Facebook itu sendiri. Jadi mengapa Facebook tidak ingin masuk ke bisnis menyediakan saya dengan berita yang, pada gilirannya, mungkin saya bagikan dengan teman-teman saya? Itu berarti teman-teman saya dan saya semua akan menghabiskan lebih banyak waktu di jejaring sosial, yang pada akhirnya diinginkan oleh Facebook dan pengiklannya.

Facebook juga memiliki sejarah akuisisi, tidak semuanya intuitif dari luar. Dalam kesepakatan yang lebih kecil daripada pembelian WhatsApp-nya, perusahaan mengakuisisi start-up virtual reality Oculus VR awal tahun ini. Para pengamat telah menduga bahwa akuisisi itu adalah segalanya, mulai dari pembelian yang sia-sia oleh CEO Mark Zuckerberg hingga upaya jangka panjang untuk mengembangkan pesaing Google Glass. Either way, Facebook telah menunjukkan bahwa ia bersedia untuk menjangkau di luar model yang ada. Relatif, sebuah organisasi berita tidak akan banyak peregangan.

Zuckerberg adalah pria cerdas yang memiliki uang tunai. Dia tidak membutuhkan saya untuk memberitahunya bagaimana cara membelanjakannya. Jika dia bisa mendapatkan CNN untuk, katakanlah, $7 miliar, itu kira-kira setara dengan saya mengambil majalah People di konter kasir. (Dalam kasus saya, hanya salinan dari edisi terbaru, bukan publikasi sebenarnya itu sendiri.) Jika CNN menarik perhatian Zuckerberg, tidak diragukan lagi dia akan tahu apa yang harus dilakukan dengan itu.

Jadi tidak akan mengejutkan saya jika Facebook masuk ke bisnis berita. Tampaknya menjadi salah satu cara yang lebih logis bagi jejaring sosial untuk mengisi umpan berita penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *